Penyusun
Ahmad Ansori 10112421
Muhammad Fikri
14112954
Muhammad Amin Fauzan
14112873
Muhammad Nur Hemi Adi
15112024
Robertus Koekus
16112653
I. Latar Belakang
Seiring dengan
perkembangan zaman yang segala sesuatunya berbasiskan teknologi. Aplikasi ini
sangat membantu kegiatan masyarakat menjadi lebih efisien dan praktis. Karena
saya pernah menemukan suatu kasus yang dialami oleh teman saya sendiri,
ketika dia sangat membutuhkan taksi untuk mengantar salah satu keluarganya ke
rumah sakit maka dia mencari transportasi, akan tetapi setelah lama dia
menunggu taksi atau transportasi lain tak kunjung datang. Oleh karena itu
aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh banyak masyarakat karena dengan adanya
kasus seperti yang telah diceritakan, masalah dapat terselesaikan atau kita
dapat dengan mudah mengakses seperti taxi atau transportasi berbasis online
lain.
Kelebihan aplikasi ini
dibanding dengan sistem aplikasi lain yang cara kerjanya serupa yaitu bahwa
sistem aplikasi ini lebih baik dalam pengelolaan pemilihan driver, karena
sistem aplikasi ini memilih driver dengan jarak yang paling dekat dengan kita
yang memesan dan kita pun dapat melihat driver tersebut di dalam sebuah gps.
Selain itu kita pun dapat memberikan rating untuk para driver, awal mula para
driver diberikan rating 5.00 oleh perusahaan, dan ketika dia mendapatkan
pelanggan , para pelanggan dapat memberikan rating yg maksimal 5.00. dan jika
rating driver tersebut sudah dibawah 3.00 maka perusahaan akan memanggil driver
tersebut dan mewawancarainya mengapa ratingnya dapat serendah itu, dan driver
tersebut pun harus mengulang safety riding kembali untuk dapat bekerja kembali.
II. Tujuan Aplikasi
Menyediakan pelayanan
online yang bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap penumpang
dengan menyediakan sistem pelayanan terbaru, yang akan menimbulkan
keefektifitas dan keefisiensian pengguna untuk mempermudah segala kebutuhan dan
mempertahankan rutinitas pengguna akan waktu yang dibutuhkan.
III. Konsep Aplikasi
Konsep pembuatan dalam
aplikasi Grab ini memakai pendekatan metode konsep SDLC (System Development
Life Cycle), pada metode ini dilakukan beberapa tahap seperti
1. Planning
Melakukan pengumpulan
data dan mengidentifikasi masalah akan seksama.
2. Analysist
Menganalisa masalah
yang terjadi di lapangan sebelumnya pemakaian jasa aplikasi pemesanan
transportasi berbasis online yang sudah ada, dan membandingkannya dengan
aplikasi yang dibuat , serta dapat berkontribusi dengan apa yang terjadi
nantinya setelah pembuatan aplikasi.
3. Design
Pada tahap ini
melakukan perancangan struktur navigasi, perancangan input output dan
perancangan tampilan aplikasi Grab itu sendiri.
4. Implementation
Membuat serta memberikan
sentuhan terakhirnya dengan pengisian kode program yang sebelumnya tertera pada
perancangan input output aplikasi.
5. Testing
Tahap ini merupakan
tahap uji coba program yang dihasilkan dari tahap implementasi untuk mengetahui
apakah fungsionalitasnya terpenuhi dan sesuai dengan rancangan dasar
penelitian.
Juga terdapat beberapa
fitur Grab yang dimasukkan dalam aplikasi seperti :
§ Grabbike
§ Grabtaxi
§ Grabcar
§ Grabexpress
§ Dan, Grabfood.
IV. Implementasi
Pada
pengimplementasian terdapat fitur-fitur akan kegunaannya dari fitur itu sendiri
kepada pengguna aplikasi seperti:
1. Grabbike
Pada fitur Grabbike
disini penggunakan akan menikmati pelayanan berupa ojek dengan kelebihan:
§ pengguna akan lebih cepat menuju tujuan yang
diminati karena dengan menggunakan kendaraan roda dua, akan memudahkan
menerjang kemacetan yang terjadi dan lebih cepat untuk melintasi kondisi
perjalanan yang tak diinginkan. Lebih aman karena profile biker atau ojek
telah terdaftar lebih dahulu dalam database perusahaan dan menggunakan atribut
lengkap serta memiliki catatan perjalanan yang tak diragukan. Masalah pembayaran lebih pasti, penumpang
tidak perlu memakan waktu lagi untuk tawar menawar karena biaya perjalanan yang
telah ditentukan.
2. Grabtaxi
Pada fitur Grabtaxi
pengguna akan menikmati layanan transportasi berupa taxi dengan kelebihan:
§ Efisien dalam pencarian transportasi pada
lokasi tertentu karena tersedia layanan yang dapat membantu penumpang menemukan
pengemudi taksi terdekat pada aplikasi. Memiliki keamanan yang terjamin karena
perusahaan memiliki jaringan armada taksi terluas yang menawarkan pengalaman
berkendara yang paling efisien dan aman untuk pengguna. Tarif juga memiliki kepastian yang sesuai
dengan argo yang berjalan tanpa menggunakan argo tembak. Keamanan pada driver taksi juga terjamin
karena seluruh driver yang terkait telah dipastikan terdaftar dan berlisensi
juga berpengalaman untuk memastikan layanan berkendara yang aman dan nyaman.
3. Grabcar
Pada fitur grabcar
pengguna akan menikmati layanan berupa kenyamanan transportasi baru yang berupa
mobil pribadi yang telah terorganisir dengan memiliki kelebihan:
Memiliki tarif pasti juga solusi
bertransportasi baru yang akan memberikan kenyamanan, keamanan, juga stylish
dalam perjalanan dengan tarif pasti dan tanpa memungut biaya pemesanan. Terlindungi oleh asuransi yang disediakan
yaitu asuransi kecelakaan bagi maks. 6 penumpang dalam 1 kendaraan. Memiliki pengemudi yang terlatih dan
memberikan pelayanan terbaik dan aman bagi penumpang. Memberikan metode pembayaran yang dapat
dipilih oleh penumpang dengan metode payment secara tunai maupun non-tunai
dengan Grabpay.
4. Grabexpress
Grab juga memberikan
pelayanan pengiriman barang dengan pengiriman yang terjamin aman dan sampai
pada tujuan yang diinginkan, juga memiliki kelebihan yang dimilikinya berupa:
Pengiriman barang dapat berupa dokumen penting
atau berupa barang dengan pengiriman yang cepat. Pengamanan barang juga secara langsung dengan
setiap pengiriman telah teransuransikan hingga Rp 2 Juta besarnya. Biaya yang disediakan juga ekonomis dengan
biaya pengiriman yang dapat dimulai dari Rp 12 Ribu.
5. Grabfood
Pada fitur terakhir
dalam aplikasi terdapat juga layanan pengantaran makanan yang akan memberikan
keefektivitasan waktu bagi pemesan, yang memiliki kelebihan seperti:
Pemilihan lokasi restoran dalam aplikasi
berdasarkan lokasi terdekat calon pemesan sehingga makanan akan cepat diantar
dan tidak memakan waktu yang relatif lama. Dapat menentukan menu makanan yang akan calon
pemesan inginkan. Dapat juga mengalokasikan pengemudi yang
paling dekat dengan meilhatnya dalam Maps aplikasi yang telah tersedia dan
memilihnya untuk menjadi sang pengantar. Selain mengetahui lokasi pengemudi terdekat
dengan lokasi pemesanan, pengguna juga dapat mengestimasikan waktu kedatangan
pesanan yang telah diantar dengan melakukan pelacakan pada aplikasi.
V. Rencana
Pembuatan Aplikasi
Total waktu yang
disediakan untuk melakukan pembangunan dan pengerjaan aplikasi, dimulai dari
pembukaan proyek hingga penutupan proyek adalah 115 hari kerja atau sama dengan
dalam kurun waktu 5 bulan masa pengerjaan di mulai dari Bulan Mei sampai dengan
September. Untuk Rinciannya telah disediakan dalam gantt chat seperti dibawah
ini :
VI. Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar