Grab adalah salah satu perusahaan rintisan dan perusahaan
jaringan transportasi asal Malaysia yang yang menciptakan aplikasi bergerak
yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan
tumpangan. Perusahaan ini dibuat pada tahun 2012 oleh Anthony Than. Awalnya nama perusahaan ini yaitu GrabTaxi,
perusahaan ini menyediakan pemesanan taxi secara online. Akan tetapi pada awal
tahun 2015 perusahaan ini meluncurkan layanan terbarunya yaitu GrabBike. GrabBike
adalah layanan untuk pemesanan alat transportasi beroda dua yang sering kita
sebut ojek secara online sama halnya seperti GoJek. Oleh karena itu perusahaan
ini merubah namanya dari GrabTaxi menjadi Grab pada awal tahun 2016. Tidak
hanya GrabTaxi dan GrabBike, perusahaan Grab pun menyediakan layanan
GrabExpress yang disediakan untuk pengiriman suatu barang. Ada pula layanan
GrabCar yang menyediakan jasa pemesanan sebuah mobil. Jadi di dalam satu
aplikasi kita mendapatkan 4 layanan yang dapat kita gunakan sesuai dengan
kebutuhan kita. Aplikasi ini menjadi aplikasi terbesar di Asia Tenggara setelah
3 tahun beroperasi.
Layanan-layanan “Grab”
Etika dan Profesionalisme pada “Grab”
Seiring dengan perkembangan zaman yang segala sesuatunya
berbasiskan teknologi. Aplikasi ini sangat membantu kegiatan masyarakat menjadi
lebih efisien dan praktis. Karena saya pernah menemukan suatu kasus yang dialami oleh teman saya sendiri, ketika
dia sangat membutuhkan taksi untuk mengantar salah satu keluarganya ke rumah
sakit maka dia mencari taksi, akan tetapi setelah lama dia menunggu taksi tak
kunjung datang. Oleh karena itu aplikasi ini sangat dibutuhkan oleh banyak
masyarakat karena dengan adanya kasus seperti yang telah diceritakan, masalah
dapat terselesaikan atau kita dapat dengan mudah mengakses sebuah taxi.
Kelebihan aplikasi ini disbanding dengan sistem aplikasi
lain yang cara kerjanya serupa yaitu bahwa sistem aplikasi ini lebih baik dalam
pengelolaan pemilihan driver, karena sistem aplikasi ini memilih driver dengan
jarak yang paling dekat dengan kita yang memesan dan kita pun dapat melihat driver
tersebut di dalam sebuah gps. Selain itu kita pun dapat memberikan rating untuk
para driver, awal mula para driver diberikan rating 5.00 oleh perusahaan, dan
ketika dia mendapatkan pelanggan , para pelanggan dapat memberikan rating yg
maksimal 5.00. dan jika rating driver tersebut sudah dibawah 3.00 maka
perusahaan akan memanggil driver tersebut dan mewawancarainya mengapa ratingnya
dapat serendah itu, dan driver tersebut pun harus mengulang safety riding
kembali untuk dapat bekerja kembali.
Perusahaan ini pun tidak main-main dalam hal perekrutan para
drivernya, jika seseorang ingin menjadi driver maka seseorang tersebut harus
menyimpan sebuah jaminan di perusahaan tersebut seperti halnya kartu keluarga
atau ijasah. Hal ini dibuat agar para driver tersebut tidak asal dalam bekerja
atau hal ini untuk memperkecil adanya masalah driver yang keluar dengan
seenaknya dari perusahaan tersebut. Selain itu sebelum para driver diterima,
mereka terlebih dahulu harus mengikuti safety riding layaknya pembuatan sebuah
sim. Jika mereka telah lulus tahap tersebut, tahap selanjutnya yaitu
pemeriksaan dokumen motor. Dan layanan yang membuat aplikasi ini sangat bagus
yaitu layanan asuransi, jika salah satu driver atau pelanggan yang memesan
mengalami kecelakaan perusahaan ini menyediakan asuransi.
Kesimpulannya layanan aplikasi ini menurut kami merupakan
layanan aplikasi yang bagus, karena selain layanan aplikasi ini dapat membantu
kegiatan masyarakat lebih efisien dan praktis, layanan aplikasi ini pun
memberikan kita kenyamanan dan keamanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar