Rabu, 01 Juli 2015

7 Tips Cara Merawat Kamera Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

       Kamera digital adalah barang elektronik yang memiliki kepekaan terhadap cara anda menggunakannya dan bukan tidak mungkin beberapa fungsi pemakaiannya akan berjalan dengan tidak semestinya bila tidak dijaga dengan baik.

Untuk anda yang baru saja membeli kamera baru, berikut beberapa tips praktis yang bisa dipraktekkan secara sederhana untuk merawat kamera agar lebih awet dan tahan lama.

1. Jaga Kamera Dari Debu dan Cuaca
  
       Walaupun beberapa kamera saat ini sudah didesain dengan label weather sealed namun kamera sejatinya adalah barang elektronik dengan fungsi listrik yang sensitif dari pengaruh luar terutama air. Sangat penting untuk menjaga saat kamera dipakai dalam cuaca lembab dan berembun atau berdebu, apalagi terhadap air hujan. Gunakan secara hati-hati untuk meminimalkan resiko kerusakan akibat faktor eksternal tersebut.

Jika anda baru saja memakai kamera untuk memotret di area lautan maka segera bersihkan kamera sebab elemen udara di laut yang mengandung garam akan cepat membuat korosi pada bahan logam pada kamera yang akan menghasilkan karat.

2. Menjaga Kebersihan Lensa

       Selalu perhatikan untuk menjaga kebersihan lensa agar hasil foto selalu maksimal. Anda bisa menyisikan uang untuk membeli pembersih lensa berupa cairan yang banyak dijual saat ini. Saat membersihkan lensa, jangan semprotkan langsung cairan ke lensa melainkan semprotkan dulu ke lap microfiber kemudian diusap secara perlahan untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada elemen optik luar pada lensa.

3. Hati-hati Saat Mengisi Daya

        Sangat penting untuk menjaga keawetan daya kamera dengan berhati-hati saat mengisi baterai. Matikan dulu kamera saat anda mencopot baterai, memory card atau saat anda mengisi daya. Matikan juga kamera saat anda menyambungkannya ke komputer sebab beberapa elemen dalam kamera sangat sensitif terhadap perubahan arus listrik.

4. Memasang Strap

        Kamera strap baik itu neck strap maupun shoulder strap biasanya datang dengan paket pembelian. Fasilitas ini sangat penting untuk menjaga kamera tidak jatuh saat memotret atau membawa kamera di area terbuka. Bila perlu anda bisa membeli strap khusus yang lebih nyaman dari strap bawaan kamera.

5. Jangan Membongkar Kamera

         Pada saat ada kesalahan fungsi pada kamera contohnya pada tombol kamera, beberapa orang biasanya berinisiatif sendiri untuk membongkar kamera dengan maksud memperbaiki kerusakan. Hal ini cukup beresiko karena kamera didesain untuk bisa dibuka dengan alat tertentu dan belum lagi bisa saja anda tidak memahami dengan benar fungsi dan desain internal kamera. Lebih baik untuk segera membawanya ke tempat servis jika terjadi kerusakan dibandingkan mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

6. Membersihkan Sensor Kamera

         Bila sering memakai kamera pada area terbuka yang berangin dan berdebu, sensor kamera biasanya kotor dengan bintik hitam yang kentara saat kita memotret langit atau latar belakang putih. Untuk membersihkan sensor kamera ini anda bisa memakai blower yang banyak dijual atau bisa juga sekalian membawanya ke service center yang memiliki alat lebih canggih untuk membersihkan sensor kamera.

7. Simpan Kamera Ditempat Kering dan Aman

       Sangat penting untuk meyimpan kamera pada tempat yang aman dan kering untuk menghindari tumbuhnya jamur pada sensor dan lensa. Bila anda memiliki budget yang lebih anda bisa membeli silica gel atau sekalian memakai dry box/cabinet untuk menyimpan kamera agar bisa mengontrol tingkat kelembaban kamera yang tentunya akan membuat kamera lebih awet fungsinya. Selain itu jangan menyimpan kamera dalam ruangan dengan suhu panas seperti dalam mobil yang terkena paparan sinar matahari.

http://www.intipsfotografi.com/2015/03/7-tips-cara-merawat-kamera-agar-lebih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar