Jumat, 25 Oktober 2013

Perusahaan Asuransi

PT. Asuransi Jasaraharja Putera ( jp insurance)

Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Asuransi Jasaraharja Putera adalah salah satu perusahaan asuransi
kerugian yang eksistensi PT. Asuransi Bintang Bali yang didirikan pada tahun
1986 yang selanjutnya per tanggal 1 Desember 1986 berubah nama menjadi PT.
Asuransi Tis yang merupakan cikal bakal lahirnya PT. Asuransi Jasaraharja
Putera. Sejalan dengan masuknya Yayasan Dana Pensiun & Kesejahteraan
Pegawai PT. Jasaraharja (Persero) yang diikuti denga perubahan struktur
permodalan dan susunan manajemen maka nama perusahaan PT. Asuransi Tis
Asih dirubah menjadi Aken Raharja.
Tuntutan bisnis terus menigkat dan kebijakan pemerintah dalam hal
deregulasi terus bergulir tidak terkecuali di bidang asuransi yaitu dengan
disahkannya UU No.2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian Juncto Peraturan
Pemerintah No.73 tahun 1993 Tentang penyelenggara usaha perasuransian di
Indonesia yang mulai berlaku secara efektif terhitung mulai tanggal 1 Januari
1994. UU No.2 tahun 1992 dan PP No.7 tahun 1993 tersebut menganut azas
spesialisasi dan menegaskan bahwa perusahaan asuransi Penyelenggara Program
Asuransi Sosial dilarang menyelenggarakan bidang asuransi selain asuransi sosial.7
PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) sebagai penyelenggara program
Asuransi Sosial harus melepaskan bidang usaha yang bersifat komersial, seperti
Surety Bond, Asuransi Aneka dan Extra Cover atas pelaksanaan UU No.33 tahun
1964 dikaitkan dengan UU No.2 1992 dan peraturan pelaksanaan lainnya. Sejalan
dengan hal tersebut, maka untuk menjaga kesinambungan pemberian pelayanan
atau jaminan asuransi kepada pengguna jasa Surety Bond dan Asuransi Aneka
serta untuk tetap memberikan nilai tambah kepada peserta Program Asuransi
Sosial, manajemen PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) mengalihkan bidang
usaha yang bersifat komersila tersebut kepada PT. Asuransi Aken Raharja.
Untuk mendukung kapasitas daya tamping atau retensi perusahaan, para
pemegang daham khususnya Yayasan Dana Pensiun Jasa Raharja dan PT.
Asuransi Jasa Raharja (Persero) melakukan penambahan modal atau
restrukturisasi permodalan restrukturisasi manajemen yang disertai dengan
perubahan nama perusahaan menjadi PT. ASURANSI JASARAHRJA PUTERA.
Perubahan tersebut dicatat di dalam akta Notaris Machmudah Rijanto, S.H dengan
akta No.81 tanggal 27 November 1993 dan mendapat pengesahan dari Menteri
Kehakiman RI dengan surat keputusan nomor C-2-13619.HT.01.04 TH.93 tangal
13 Desember 1993 mengenai persetujan atas seluruh anggaran Dasar Perseroan
Terbatas PT. Asuransi Jasaraharja Putera, selanjutnya disingkat menjadi PT.
Jasarahrja Putera. Secara efektif PT. Jasaraharja Putera mulai beroperasi sejak
tanggal 1 Januari 1994 bersamaan dengan pengalihan bidang usaha PT.
Jasaraharja (Persero) yang bersifat komersial tersebut.8
Selanjutnya, tanggal 27 November 1993 dikukuhkan sebagai tanggal
berdirinya PT. Jasaraharja Putera. Selanjutnya, sejalan dengan perubahan logo,
per tanggal 27 Novermber 2002 telah pula disepakati penyebutan corporate
communication berupa JP. INSURANCE.
Pengalaman PT. Asuransi Jasaraharja Putera sebagai afiliasi dari PT. Jasa
Raharja (Persero) telah melayani pelanggan di seluruh Indonesia selama hampir
satu setengah dasawarsa. PT. Jasaraharja Putera yang dikenal sebagai JP.
INSURANCE, kini semakin berkibar sebagai perusahaan asuransi yang sehat dan
solid yang tumbuh dan berkembang untuk melayani dan memberikan proteksi
yang optimal.
PT. Jasa Raharja (Persero) sebagai pemegang saham mayoritas adalah
sebuah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang asuransi sosial.
Sinergi permodalan dan keahlian yang diberikan telah mendorong JP. Insurance
memasuki babak baru yang lebih berdaya saing dan memperkokoh posisinya di
kancah industri asuransi nasional. Sampai pada saat ini JP. Insurance memiliki 25
kantor cabang dan 57 kantor pemasaran yang tersebar diseluruh nusantara,
diantaranya cabang Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Jambi,
Bengkulu, Palembang, Bandar Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang,
Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Makassar,
Denpasar, Mataram, Kupang, Ternate, Jayapura, Banten.
Bagi sebuah perusahaan jasa, sumber daya manusia (SDM) yang tangguh
dan profesional merupakan aset yang paling bernilai, JP.Insurance sangat
menyadari hal ini. Karena, walau dalam operasional menggunakan teknologi9
canggih, di bisnis perusahaan peran manusia tak tegantikan. Pengembangan SDM
berkualitas di JP.Insurance dimulai dengan memilih calon karyawan secara sngat
sekeltif sejak awal perekrutan. Untuk meningkatkan kemampuan insan
JP.Insurance sehingga dapat menjalankan sistem organisasi maupun teknologi
yang juga selalu ditingkatkan, perusahaan tak segan menanam investasi besar
dalam bentuk pendidikan dan pelatihan berkelanjutan dan terarah, baik didalam
maupun diluar negeri. Kami percaya, investasi pada keahlian sumber daya
manusia merupakan investasi jangka panjang untuk pembangunan dan
perkembangan perusahaan.
Berbagai kegiatan juga kami ciptakan untuk meningkatkan rasa
kebersamaan dan memperkuat teamwork. Dalam berbagai kesempatan, kami di
JP.Insurance selalu menanamkan budaya perusahaan yang tak lain adalah etos
kerja tinggi yang didasarkan pada lima landasan yang kami yakini kekokohannya:
Jujur, Disiplin, Tanggap, Cermat, dan Santun.
Untuk meningkatkan motivasi kerja, tak lupa manajemen memperbaiki
tingkat gaji dan kesejahteraan karyawan. Disisi lain, untuk memperbaiki tantangan
kepada seluruh jajaran perusahaan, kami menetapkan target peningkatan kinerja
usaha yang tinggi. Untuk mencapai target yang mudah ini, manajemen
memberikan kebebasan yang cukup besar bagi para manajer di semua bagian dan
tingkatan untuk melakukan inovasi. Sistem reward and punishment yang jelas ini
berlaku untuk seluruh bidang, bukan hanya pemasaran dan teknis.10
Sebelum melihat kegiatan usaha PT. Asuransi Jasaraharja Putera,
khususnya dalam pelaksanaan pemasran jasa asuransi, terlebih dahulu
menerangkan VISI dan MISI PT. Asuransi Jasaraharja Putera.



Visi Perusahaan
Visi perusahaan yang merupakan cita-cita yang ingin dicapai dimasa
mendatang adalah “Menjadi perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia” (To
be foremost insurance company in Indonesia) dengan indikator keberhasilan yang
harus dicapai perusahaan adalah menempatkan diri pada level 10 (sepuluh)
sampai dengan 5 (lima) besar di deretan perusahaan Asuransi Kerugian dari segi
Gross premium income, Net underwriting result dan profit.

Misi perusahaan
Misi yang diemban oleh JP.Insurance adalah “Menyediakan produk tepat
guna dengan pelayanan prima”. (To provide appropriate products with excellent
service).



Struktur Organisasi
Struktur organisasi dibuat oleh perusahaan dengan maksud agar kordinasi
dari masing-masing bagian atau divisi berjalan dengan lancar, selain itu untuk
memudahkan pengendalian. Dengan demikian kesatuan aktivitas perusahaan
dapat lebih terarah, yang pada akhirnya mempermudah pencapaian tujuan
perusahan.
Setiap organisasi atau badan usaha mempunyai bentuk struktur organisasi
atau susunan manajemen yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan setiap badan
usaha mempunyai tujuan serta kondisi usaha yang berbeda-beda.11
Susunan Manajemen PT. Asuransi Jasaraharja Putera adalah sebagai

Tugas Pokok:
a. Memimpin penyusunan rencana atau program kerja anggaran untuk
unit kerja yang dipimpinnya.
b. Membuat judul pelaksanaan kegiatan (action plan) atas rencana atau
program kerja yang disusunnya.
c. Memimpin, memotivasi dan membina pegawai bawahannya.
Merencanakan dan mengembangkan sumber daya manusia,
mengamankan alat atau sarana dan uang di dalam unit kerja yang
dipimpinnya.
d. Melakukan kerja sama dengan unit-unit kerja yang lain di dalam
perusahaan.
e. Membina hubungan baik dengan instansi atau pihak ekstern
perusahaan yang berhubungan dengan bidang kegiatan unit kerjanya.
f. Mengendalikan seluruh pelaksanaan kegiatan di dalam unit kerja yang
dipimpinnya.
g. Memberikan saran-saran kepada direksi mengenai penyempurnaan
sistem dan prosedur kerja di dalam bidangnya.
h. Mengusulkan pengembangan keahlian atau pegawai di dalam unit
kerja yang dipimpinnya.
i. Memastikan terusnya laporan kegiatan seluruh unit kerja yang
dipimpinnya.15


Tidak ada komentar:

Posting Komentar