Organisasi Umum
Pengertian tentang pelajaran Teori
organisasi umum Organisasi adalah merupakan struktur pembagian kerja dan
struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang
bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu yang
mempunyai tingkat manajemen yang tinggi. Teori adalah suatu kerangka yang
merupakan alat pikir untuk membantu suatu rumusan tertentu yang bias
dikembangkan. Umum adalah suatu pedoman yang diberikan orang terbuka atau sekitarnya
yang mampu memberi sproses pekerjaan. Jadi, Teori organisasi umum bisa
diartikan sebagaimana telah dijabarkan sebelumnya adalah suatu pikiran yang
merupakan sekelompok orang yang membagi tugas dengan cara struktur untuk
mendapatkan pedoman yang ingin dicapai bersama-sama
RENTANG KENDALI (SPAN
OF CONTROL)
Sering disebut juga Span of Management,
Span of Executive atau Span of Authority.Adalah batas jumlah bawahan langsung
yang dapat dipimpin dan dikendalikan secara effektif oleh seorang manager
PERLUNYA RENTANG
KENDALI DLM ORGANISASI
• Keterbatasan waktu
• Keterbatasan pengetahuan
• Keterbatasan kemampuan
• Keterbatasan perhatian
Rentang Kendali setiap pemimpin / manager
tidak sama (relatif)
FAKTOR YANG MEMBATASI
RENTANG KENDALI
• Sifat dan terperincinya rencana
• Latihan-latihan dalam perusahaan
• Posisi Manager dalam perusahaan
• Dinamis & Statisnya Organisasi
• Efektivitas Komunikasi
• Tipe pekerjaan yang dilakukan
Bentuk-bentuk Organisasi
Bagan organisasi memperlihatkan
tentang susunan fungsi-fungsi dan
deparementasi yang menunjukkan hubungan kerja sama.
Bagian ini menggambarkan lima aspek utama suatu striktur organisasi,
yaitu:
1. Pembagian kerja
2. Rantai perintah
3. Tipe pekerja yang dilaksanakan
4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
5. Tingkat manajemen
Adapun cara penggambaran bagan struktur orgnisasi menurut Henry G.
Hodges dapat di gambarkan sebagai berikut:
·
Bentuk Piramida merupakan bentuk yang
paling banyak digunakan, sederhana, jelas dan mudah dimengerti
·
Bentuk Vertikal: hampir sama dengan bentuk
piramidal dalam pelimpahan kekuasaan
·
Bentuk Horizontal: aliran wewenang dan
tanggung jawab digambarkan dari kiri ke kanan
·
Bentuk Melingkar: menekankan pada hubungan
antara satu jabatan dengan jabatan lain
Bentuk-bentuk organisasi dapat dibedakan atas
- Bentuk
Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi
paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol.
Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur
organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling
kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
Kebaikannya :
Kebaikannya :
Ø Kesatuan komado terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan.
Ø Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang
diajak berkonsultasi masih sedikit.
Ø Rasa solidaritas dianatara karyawan umumnya tinggi karena saling mengenal.
Ø Garis komando berjalan tegas
Kelemahannya :
Kelemahannya :
Ø Seluruh organisasi tergantung pada satu pimpinan (satu orang) dimana bila
pimpinan tersebut berhalangan maka organisasi tersebut akan mandek atau hancur.
Ø Ada kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis.
Ø Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.
Struktur organisasi
garis
2.
.Bentuk Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi
besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit
serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.
Kebaikannya :
Ø Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas
organisasinya,dan kompleksitas susunan organisasinya.
Ø Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli.
Ø Perwujudan “the right man in the right place” lebih mudah terlaksana.
Ø Koordinasi lebih baik karena adanya pembagian tugas yang terperinci.
Ø Bakat setiap karyawan dapat lebih mudah untuk dikembangkan.
Kelemahannya :
Kelemahannya :
Ø Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit
terbangun.
Ø Karena susunan organisasinya yang kompleksitas, maka koordinasi menjadi
kurang baik.
Ø Kesatuan Komando berkurang.
Struktur organisasi
garis dan staf
3.
. Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana
sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena
setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini
dikembangkan oleh FW Taylor.
Kebaikannya :
Kebaikannya :
Ø Pembidangan tugas-tugas jelas.
Ø Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
Ø Digunakannya tenga-tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan
fungsinya.
Keburukannya :
Keburukannya :
Ø Karena adanya spesialisasi kerja maka akan sulit untuk mengadakan tour of
duty.
Ø Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga sukar untuk melaksanakan
koordinasi.
Struktur organisasi fungsional
4.
Bentuk Organisasi Panitia
Tipe organisasi Panitia dibentuk hanya
untuk sementara waktu saja, setelah tugas selesai maka selesailah organisasi
tersebut.
Kebaikan :
Kebaikan :
Ø Segala putusan dipertimbakan secara mendalam dan terperinci
Ø Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter sangat kecil
Keburukan :
Ø Pengambilan keputusan memerlukan waktu lama
Ø Tanggung jawabnya tidak jelas
Ø Kreativitas karyawan susah untuk dikembangkan
Struktur organisasi
panitia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar